Minggu, 13 Februari 2011

Hiu Paus (Whale Shark)


Ikan Hiu Paus (Whale Shark atau Rhincodon Typus) adalah hiu terbesar di dunia dan merupakan spesies ikan terbesar, saat ini! Para peneliti mengungkapkan, ikan hiu pemakan plankton ini panjangnya bisa mencapai 20 meter. Namun, siapa sangka ukuran sebesar itu bisa jadi salah pengukuran. Hasil observasi peneliti dari Universitas Queensland, ukuran hiu paus sebenarnya bisa lebih besar lagi.

Meskipun besar, hiu paus (Whale Shark) bukanlah pemangsa seperti halnya hiu basking. Mereka adalah hiu yang bergerak lambat, yang hanya memakan ‘phytoplankton’ atau binatang yang sangat kecil, yang hidup di laut.

Perbandingan Hiu Paus & Manusia
Hewan ini adalah filter feeder, makan plankton dan krill, menyaring air melalui filter pada insang yang besar (ada 5 di setiap sisi). Mereka bisa mengumpulkan mikro-organisme yang cukup untuk pangan. Mereka juga makan beberapa ikan kecil dan cumi-cumi.

Ikan hiu paus bukanlah ikan paus. Walaupun dari keluarga hiu, tetapi hewan ini berbeda dari hiu.  Hiu ini adalah satu-satunya anggota dari genusnya Rhincodon dan familinya, Rhincodontidae (disebut Rhinodontes sebelum tahun 1984), yang masuk kedalam subkelas Elasmobranchii pada kelas Chondrichthyes.
 
Hiu paus ini dapat hidup dengan panjang hingga 41 kaki dan berat hingga 15 tons!. Hiu paus ini sama seperti hiu lainnya, dapat di temukan di sekitar laut khatulistiwa (samudra tropis) dan perairan yang hangat; Species yang berasal dari kehidupan 60 juta tahun yang lalu ini, mampu hidup hingga 70 tahun lamanya.

Dia memiliki mulut yang sangat besar di depan, Di dalam mulut ikan Hiu Paus ada semacam balin atau saringan. Jadi yang kena organ itu tubuhnya akan terbelah dan tersayat. Kepalanya berbentuk persegi besar dan berwarna khas. Mata kecil, dengan insang yang besar, dan terdapat enam tonjolan  di sepanjang punggung mereka, juga terdapat titik-titik putih pucat merata ddisepanjang tubuhnya, dengan perut berwarna putih.
 
Galeri Gambar
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar